Cara mengetahui komputer terserang virus dan cara mengatasi virus tersebut

Bingung ketika computer kita terasa begitu berat untuk menjalankan sebuah aplikasi. Rasanya ga nyaman ketika kita harus mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas- tugas kampus untuk membuka tugas kita saja butuh waktu yang lama. Berikut tips-tips yang bias dijadikan alternative untuk mengetahui komputerkita sudah terserang virus dan cara mengatasinya.
I. CARA MENGETAHUI
1. Buka My Computer dengan cara klik Start pilih My Computer
2. Setelah di jendela My Computer pada menu atas pilih Tools pilih
Folder Options …



3. Pada jendela Folders Options… pilih tab View klik option Show hidden files and folders dan hilangkan ceklis di Hide extentions for known files and folders dan Hide protected operating system files (Recommended). Cara ini digunakan untuk membuka semua file yang tidak terlihat secara default oleh computer karena biasanya file tersebut digunakan oleh system. Biasanya sebuah virus yang menyerang file dan menduplikatkan dirinya dengan nama yang sama dengan file yang diserangnya, dan menyembunyikan file yang asli sehingga ketika si user atau pengguna komputer membuka file, secara tidak sengaja membuka file Virus dan hasilnya Virus berkembang dan menyerang system. Jika file – file kita yang harusnya berextentsion Word.doc atau Excel.xls tapi Word.exe atau excel.exe atau folder yang berextention folder.exe maka komputer sudah dipastikan sudah terkena virus.
4. Langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan untuk memunculkan Windows Task Manager jika keluar pemberitahuan bahwa Windows Task Manager tidak bisa diakses maka komputer bisa sudah terserang virus.
5. Langkah selanjutnya dengan mengecek apakah Registry Editor tidak bisa diakses jika tidak maka komputer sudah terkena virus. Caranya klik Start klik run ketik regedit terus klik tombol Ok.
II. CARA MENGATASINYA
Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai atasi virus sejak dini sebagai tambahan berikut ini beberapa cara agar komputerkita tidak terserang virus.
1. Sebelum mencolokan Flashdis pastikan program autorun sudah di non aktifkan untuk lebih jelasnya baca artikel atasi virus sejak dini.
2. Untuk membuka file atau folder di Hard Drive seperti di My Documen sebaiknya menggunakan area di sebelah kiri untuk mencegah penyebaran virus di komputer kita.Untuk mengembalikan file atau folder yang hilang karena virus baca artikel mengembalikan file dan folder yang hilang.
3. Pasang anti virus local untuk memberantas virus local dan anti virus yang berbasis internasional untuk mengatasi virus yang beredar dari luar negri. Jangan lupa diupdate.
4. Sekian semoga bermanfaat.
Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0 komentar:

Post a Comment

 
Ridho Technology © 2012 | Template by Ridho Technology