Teknologi baru baterai untuk keperluan penyimpanan energi surya


Tim PlanethijauTeknologi baru baterai untuk keperluan penyimpanan energi suryaMasih ada kendala yang harus dihadapi oleh pembangkit listrik tenaga surya dalam menyuplai listrik pada malam hari. Setelah seharian menyerap energi surya, maka ketika malam energi tersebut dialirkan menuju ke beban-beban yang ada. Masalah yang timbul adalah diperlukannya media penyimpan energi agar energi listrik yang dikeluarkan juga tidak berbeda jauh dengan energi yang telah disimpannya.

Salah satu alternatif penyimpan energi yang bisa digunakan adalah baterai. Hanya saja baterai yang sekarang banyak digunakan masih mempunyai kelemahan dalam menyerap sebagian besar energi. Elektrode yang digunakan masih terbuat dari logam padat dan mengakibatkan terbatasnya besar arus yang mengalir melaluinya.

Sebuah prototip baterai dengan teknologi yang berbeda ditawarkan oleh profesor kimia bahan dari MIT, Donald Sadoway, bersama tim penelitinya. Elektroda yang digunakan terbuat dari logam cair dengan elektrolitnya adalah garam cair.

Para peneliti membuat sebuah prototip pertama yang terdiri dari sebuah kontainer yang ditutupi dengan bahan penyekat. Di bagian bawah kontainer ditambahkan dengan antimoni, di bagian tengahnya ditambahkan elektolit semacam sodium sulfida dan magnesium di bagian atas. Setiap lapisan bahan-bahan kimia tersebut tidak akan bercampur karena berat jenisnya yang berbeda, yang tentunya juga mempermudah dalam pabrikasinya.

Ketika arus mengalir ke dalam baterai, magnesium dan logam antimoni membentuk magnesium antimonida dan memperbesar elektroda, dan ketika arus mulai dibuang, kembali magnesium antimonida larut dan memperbesar elektrolit dan elektrodanya pun mengecil.

Dengan kondisi reaksi yang demikian, kapasitas penyimpanan energi menjadi lebih besar sedangkan arus yang dialirkan ketika proses discharging cukup untuk memenuhi kebutuhan beban.

Dengan digunakannya teknologi tersebut, maka biaya produksi yang diperlukan jauh lebih kecil dibandingkan baterai saat ini. Umur baterai juga menjadi lebih panjang dengan kemampuan penyimpanan yang lebih besar.
Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0 komentar:

Post a Comment

 
Ridho Technology © 2012 | Template by Ridho Technology