Membersihkan Virus Shortcut di Flashdisk

Jika Anda menyadari bahwa ketika flashdisk Anda dicolokkan ke komputer namun tidak terlihat sebagian atau seluruh file atau folder yang Anda pikir seharusnya ada, bisa jadi memang sebelumnya flashdisk tersebut telah terhubung dengan komputer yang terinfeksi virus, yang salah satu aksinya menyembunyikan file dan folder. Contoh virus tersebut bernama serviks. Untuk menghilangkan virus serviks (virus shortcut) dapat anda lihat di
sini
.
Berikut penanganan untuk USB Flashdisk yang terlanjur terinfeksi serviks.
1. 1. Terlebih dahulu scan flashdisk anda menggunakan Smadav versi 8.3 ke atas, jika hasil scan menunjukkan ada file virus dan beberapa folder tersembunyi klik saja Fix All.
2. 2. Jika sudah di Fix All namun folder Anda tetap saja tersembunyi lakukan langkah selanjutnya:
3. 3. Start – Run –Cmd
4. Ketikkan perintah ini di Command Prompt :
attrib -r -h -s F:\*.* /s /d tekan Enter






huruf F di atas menunjukkan drive flashdisk anda, coba lihat kembali di explorer, terdapat di drive apakah flasddisk anda, kemudian sesuaikan. Jika ada di E: maka ganti huruf F di atas dengan E, begitu pula dengan yang lainnya.
5. 5. Tunggu beberapa saat, semakin banyak file dan folder anda semakin memakan waktu.
6. 6. Setelah berhasil biasanya file dan folder anda yang disembunyikan oleh virus akan terlihat kembali.
7. 7. Scan kembali flashdisk anda menggunakan Smadav versi 8.3 ke atas untuk memastikan flashdisk anda telah bersih dari virus.
Lebih Jauh Tentang Perintah ATTRIB
Perintah ATTRIB merupakan perintah yang ada dalam Microsoft DOS dan masih dapat digunakan sampai saat ini termasuk dalam Command Prompt Windows. Perintah ini digunakan untuk memberikan atau menghilangkan atribut tertentu pada suatu file atau folder.Syntax umumnya adalah sebagai berikut:
ATTRIB [+R | -R] [+A | -A ] [+S | -S] [+H | -H] [[drive:] [path] filename] [/S [/D]]
Keterangan:
+ Digunakan untuk menambahkan sebuah atribut.
- Digunakan untuk menghilangkan sebuah atribut
R Atribut file read only (hanya dapat dibaca)
A Atribut file archive
S Atribut file system
H Atribut file hidden (disembunyikan)
/S Memproses semua file dalam semua direktori
/D Memroses direktori
Dengan mengetahui penjelasan ini, Anda pun dapat pula menyembunyikan folder dan file sendiri. Tapi perlu diingat, folder dan file yang disembunyikan ini, akan tetap dapat terlihat jika kita mengaktifkan tampilan untuk melihat file yang disembunyikan dan file system dari menu Folder Options di Windows Explorer.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0 komentar:

Post a Comment

 
Ridho Technology © 2012 | Template by Ridho Technology